Senin, 28 November 2016

7 Fakta Tentang Sianida Yang Harus Kamu Ketahui



7 fakta tentang sianida
Akhir-akhir ini sangat ramai diberitakan terkait kasus kopi bersianida yang menyebabkan kematian Wayan Mirna Salihin. Yap sianida, sianida memang merupakan racun yang sangat berbahaya. Sianida pada dasarnya adalah zat kimia aktif yang mengandung unsur siano atau CN. Zat kimia ini bisa berbentuk gas (hidrogen sianida, HCN) hingga kristal (sodium sianida, NaCN). Cara kerja sianida membunuh manusia adalah dengan menghalangi tubuh menggunakan oksigen sehingga dengan sesaat langsung mengalami sesak nafas akut. Cukup diperlukan 1/10gram sianida dapat untuk membunuh manusia. Namun di samping mematikannya racun ini, ternyata sianida pun memiliki sederet kegunaan yaitu dibutuhkan di bidang pertanian, fotografi dan industri logam.
            Untuk lebih lanjut mari kita simak 7 fakta dari racun sianida versi spot7s
1. Sianida terkandung pada makanan sehari-hari
Ternyata makanan sehari-hari yang kita konsumsi mengandung sianida tetapi kadarnya sangat rendah yaitu kurang dari 50 miligram hidrogen sianida setiap harinya. Apel dan singkong merupakan yang terbanyak mengandung sianida, jika salah dalam mengolahnya maka akan sangat berbahaya. Pada buah apel kandungan sianida banyak ditemukan pada bijinya. Maka dari itu jangan makan biji apel ya guys, hehehe

2. Sianida langsung menyerang organ penting
Sianida dapat menghambat masuknya oksigen maka dari itu akan merusak otak dan jantung yang sangat memerlukan oksigen. Tidak perlu waktu yang lama, sianida akan menghentikan kerja otak dan oksigen.

(baca juga: 7 Langkah Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ada Korban Terkena Sianida)

3. Ternyata manusia sangat suka menyedot sianida
Orang pada tahu sianida sangat berbahaya tapi tahukah kalian orang-orang sangat suka menyedot sianida. pasti ROKOK ya..... yap benar sekali. rokok merupakan satu sumber sianida terpopuler. Asap rokok mengandung hidrogen sianida yang tercampur dengan zat berbahaya lainnya. Meski tidak langsung membunuh, namun bisa menyebabkan pusing dan lemas.

4. Sianida dapat ditemukan dijalanan
Asap buangan dari kendaraan ditemukan mengandung zat sianida serta pada pembakaran sintesis seperti plastik.

5. Sianida adalah pestisida dan insektisida
sianida yang berbentuk larutan dengan kadar 2%. Hydrocyanida Acid banyak dipakai untuk berbagai reaksi proses kimia sintesis. Sianida jenis ini paling banyak diperdagangkan untuk membunuh hama, kuman, tikus-tikus.

(baca juga: 7 Negara Terkecil Didunia, Bisa Kamu Jelajahi Dalam Sehari)

6. Racun pembunuh favorit NAZI dan Amerika
Berdasarkan penelitian gas nitrogen sianida sangat sering digunakan untuk hukuman mati. Tahun 1920an, amerika menggunakan “kamar gas” untuk mengeksekusi narapidana hukuman mati. Zat ini juga digunakan NAZI saat tragedi holocaust dalam program pembunuhan massal. Serta digunakan pasa masa perang dunia ke-2 yang dikenal dengan ZyklnoB

7. Sianida membantu dalam dunia pertambangan
Sejak tahun 1980 penggunaan sianida dipertambangan emas ditaksir berkontribusi sekitar USD 50M lebih untuk amerika. Zat ini dianggap salah satu faktro dalam keberhasilan amerika dalam menjadi salah satu produsen emas terbesar didunia.

Demikian 7 fakta terkait racun sianida. pada episode selanjutnya kami akan berbagi pertolongan pertama jika keracunan sianida. ditunggu ya guys.

Terima kasih teman-teman sudah mampir. Tinggalkan komen dibawah yaa dan share kepada teman-teman mu biar mereka tahu bahaya sinada.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Baca ini juga yaa × +