Selasa, 14 Februari 2017

Tahukah Kamu 14 Februari itu Hari Apa? Ini Adalah Hari Penting Bagi Bangsa Indonesia


Hallo sahabat, Ayo 14 februari itu sebagai hari memperingati hari apa?
14 februari merupakan hari peringatan PETA. Apa itu PETA?
PETA adalah Pasukan Pembela Tanah Air yang dibentuk oleh Jepang di Indonesia dalam masa pendudukan Jepang. PETA merupakan cikal bakal terbentuknya Tentara Nasional Indonesia yang akan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
14 Februari 1945 tepatnya 72 tahun silam, PETA (Pembela Tanah Air) berjuang melakukan pemberontakan penjajah Jepang di Blitar.
Berikut mimin akan membahas 7 fakta terkait PETA yang telah dirangkum dari beberapa sumber. Cekidot yaa..
1. Latar Belakang Pembentukan PETA
Peta dibentuk pada tanggal 14 februari 1945. Pembentukan PETA berawal dari surat Raden Gatot Mangkoepradja kepada Gunseikan (kepala pemerintahan militer Jepang) pada bulan September 1943 yang berisi tentang permohonan agar rakyat Indonesia diperkenankan dalam membantu Jepang dalam peperangan.
2. Tokoh Nasional yang bergabung di PETA
PETA sangat berperan penting dalam membantu kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh-tokoh besar yang ikut andil di dalam PETA seperti Presiden Soeharto, Jendral Besar Soedirman, Jendral Ahmad Yani, Jendral TNI Basuki Rahmad, dan masih banyak yang lain.
3. Pemberontakan Batalion PETA di Blitar
Pasukan PETA dibawah kepemimpinan Supriadi telah melakukan pemberontakan pada tanggal 14 februari 1945. Pemberontakan tersebut berhasil dihentikan dengan bantuan tentara pribumi. Para pemberontak disiksa dan diadili selama penahanan
4. Gaji Anggota PETA
Jepang menggaji setiap anggota PETA sebesar 6 rupiah. Jangan bayangkan ya 6 rupiah jaman dulu dengan jaman sekarang, hehehe. Tentu beda jauh dong.
5. Latihan PETA
Latihan PETA ini sangat super berat. Dalam porsi latihan ini, tidak ada satupun yang mudah. Para kandidat dituntut untuk bisa bertahan dalam kondisi apapun. Dalam kondisi survival mereka dihadapkan denga meminun air comberan. Dalam hal kedisiplinan Jepang tidak main-main, semuanya diawasi secara ketat.
6. Pembubaran PETA
Sehari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 18 agustus 1945, PETA secra resmi dibubarkan sesuai dengan perjanjian kapitulasi Jepang dengan blok Sekutu. Sehari setelah pembubaran, Letjend Nagano Yuichiro, mengucapkan pidato perpisahan pada para anggota PETA
7. Peran dalam Kemerdekaan Indonesia
Peran tentara PETA sangat besar dalam peperangan merebut kemerdekaan Indonesia. Beberapa lulusan tentara PETA yaitu tokoh besar seperti Bapak Soeharto yang telah membentuk Tentara Nasional Indonesia (TNI), mulai dari Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Tentara Keselamatan Rakyat, Tentara Republik Indonesia (TRI) hingga TNI. Untuk mengenang perjuangan Tentara PETA, pada tanggal 18 Desember 1995 diresmikan monumen PETA yang letaknya di Bogor.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Baca ini juga yaa × +