Jumat, 10 Februari 2017

7 Ritual Menyeramkan yang Ada di Indonesia, yang Terakhir Seram!


Indonesia kaya akan tradisi dan budaya yang beraneka-ragam. Ada sekitar 1340 suku bangsa yang ada di Indonesia. Setiap suku bangsa memiliki masing-masing tradisinya sendiri, ada yang unik dan menarik, menghibur dan ada juga yang menyeramkan. Mari kita simak 7 daftar ritual menyeramkan yang dirangkum oleh mimin dari berbagai sumber. Yuk cekidot
1. Debus – Banten
Sumber foto: www.indonesia.travel
Debus adalah sebuah kesenian masyarakat Banten yang mempertunjukan kekebalan diri terhadap benda tajam. Kamu akan melihat orang kebal terhadap pisau, bisa berjalan diatas pecahan kaca, bara, memakan kaca, menusuk perut dengan benda tajam, dan lain-lain. Kesenian ini ada sejak penjajahan Belanda, ritual ini dilakukan untuk memupuk keberanian.
2. Kerik gigi – Sumatera
Sumber foto: erlianaprastika.blogs.uny.ac.id
Mendengar kerik gigi aja sudah merinding, apalagi yang melakukannya. Itulah yang dilakukan oleh wanita-wanita suku mentawai sebagai bukti bahwa mereka sudah dewasa. Suku mentawai mempercayai bahwa ketika mereka sudah melakukan ritual ini akan mendapatkan kebahagian dan kedamaian. yang menyeramkan lagi kerik gigi ini dilakukan tanpa obat bius. Gak kebayang deh sakitnya.
3. Perang pandan – Bali
 
Sumber foto: timesindonesia.co.id
Terdengar tidak mengerikan kalau perang menggunakan daun pandan, tapi apabila daun pandan yang berduri. Beginilah tradisi yang dilakukan masyarakat bali. Tradisi ini dilakukan untuk menghormati Dewa Indra atau Dewa perang. Tradisi ini dilakukan dengan memukuli lawan dengan daun pandan berduri. Tradisi perang pandan ini menjadi daya tarik wisatawan, baik wisatawan asing maupun lokal.
Ikipalin – Papua
Sumber foto: elshinta.com
Ikipalin merupakan tradisi memotong jari yang ada di Papua. Tradisi ini dilakukan untuk mengungkapkan kesedihan terhadap saudara yang meninggal. Tidak hanya dengan memotong jari, mereka akan melumuri badan dengan lumpur.
Ma’nene – Sulawesi
Sumber foto: torajaparadise.com
Ma’nene merupakan tradisi dari tana Toraja dengan mengawetkan tubuh orang sudah meninggal. Bagi masyarakat Toraja kematian merupakan hal yang sakral, jadi harus dihormati. Biasanya mayat tersebut diletakan di dalam gua. Tradisi ini sudah mulai hilang sejak masyarakat Toraja memeluk agam Samawi.
Ngayau – Kalimantan
Sumber foto: afrid-fransisco.com
Ngayau adalah tradisi suku dayak yang ada di Kalimantan. Tradisi ini merupakan tradisi memburu kepala manusia. Tradisi ini tidak dilakukan sembarangan, biasanya tradisi ini dilakukan untuk mempertahankan daerah dari serang musuh. Tradisi ini dilakukan dahulu kala oleh nenek moyang suku dayak. Tradisi ini sudah punah sejak tahun 1874 setelah dilakukannya musyawarah damai perjanjiaan tumbang anoi yang juga di hadiri oleh pemerintahan kolonial Belanda. Warga dayak menganggap tradisi ini mengerikan dan sering menimbulkan perselisihan.
Persembahan Kepala manusia – Maluku
 Sumber foto: tribunnews.com
Persembahan ini diyakini oleh masyarakat Suku Naulu di Maluku adalah untuk menjaga rumah adat mereka. Yang mengerikan adalah tradisi ini awalnya bertujuan sebagai mas kahwin. Persembahan ini juga dilakukan sebagai simbol kedewasaan seorang pria. Sejak tahun 2005 tradisi ini sudah tidak dilakukan lagi

Itu tadi 7 ritual yang menyeramkan yang ada di Indonesia.

1 komentar:
Write komentar
  1. Yang nomor 6 pernah juga dilakukan di era atau abad 20 waktu itu dengan nama yang berbeda, tapi sangat disayangkan itu menjadi catatan kurang baik bagi kalimantan. Mdh2an tidak terulang lagi.

    BalasHapus

Baca ini juga yaa × +